Footer Attribution (Do Not Edit This !)

Cara Membuat Kerupuk Ikan Renyah Dan Gurih

Anda ingin membuat kerupuk ikan dengan cara sederhana? Bahan pembuatan masakan camilan sehat ini terbilang mudah ditemukan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis ikan laut seperti tenggiri, kakap dan tuna serta ikan air tawar yaitu gabus, nila dan lele. Proses pembuatan kerupuk ikan dibagi dalam beberapa tahap mulai dari membuat adonan, membungkus, menjemur dan terakhir digoreng.

Kerupuk yang sudah dibuat memiliki cita rasa gurih, renyah dan aroma ikan sangat terasa. Membuat makanan camilan untuk dikonsumsi keluarga atau dijual kepada orang lain. Peluang bisnis kerupuk kering rasa ikan masih menjanjikan, anda bisa memanfaatkan sebagai sumber pendapatan sampingan.

cara mudah membuat kerupuk ikan renyah
Membuat sendiri camilan kerupuk ikan yang renyah dan gurih

Jika anda menginginkan cita rasa kerupuk ikan yang lezat dan gurih, anda membutuhkan bahan utama yaitu ikan segar. Aroma yang dihasilkan akan lebih harum dan terasa bila dibandingkan ikan yang sudah disimpan sebelumnya.

Seperti halnya camilan kerupuk udang, kandungan gizi pada kerupuk ikan juga beragam contohnya protein tinggi, rendah lemak, kalsium dan fosfor. Dengan demikian, manfaat yang didapat dari mengkonsumsi gorengan kerupuk dapat berguna untuk kesehatan tubuh anda.

Bagaimana Cara Membuat Kerupuk Ikan Gurih dan Renyah?

+ Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 500 gram daging ikan sudah dihaluskan
  • 1 kg tepung tapioka
  • 6 butir telur bebek
  • 1 ½ ons garam halus
  • 0,25 ons soda
  • 500 gram gula

+ Langkah-langkah pembuatan :
  1. Campurkan semua bahan di atas kecuali tepung tapioka dengan meremas-remas kemudian masukkan tepung tapioka lalu aduk sampai rata dan adonan tidak lengket di tangan. Tambahkan air secukupnya bila perlu.
  2. Adonan dibungkus memakai plastik atau daun pisang dengan bentuk bulat panjang kemudian kukus selama 2 jam
  3. Setelah adonan matang, tunggu sampai dingin kemudian iris tipis-tipis dan jemur hingga kering
  4. Lalu goreng jika sudah kering dan kerupuk ikan siap disantap

Cara membuat kerupuk ikan menggunakan jenis ikan laut atau pun tawar akan terasa lebih gurih dan renyah jika menggunakan bahan dasar ikan yang masih segar. Aroma dan rasanya akan membuat selera makan lebih nikmat.

0 komentar:

Posting Komentar