Footer Attribution (Do Not Edit This !)

Bagaimana Cara Cuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Benar?

Cuci tangan 7 langkah merupakan cara membersihkan tangan sesuai prosedur yang benar untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Dengan mencuci tangan anda pakai sabun baik sebelum makan atau pun sebelum memulai pekerjaan, akan menjaga kesehatan tubuh anda dan mencegah penyebaran penyakit melalui kuman yang menempel di tangan. Bagaimana langkah cuci tangan yang benar?

cara mencuci tangan pakai sabun

Teknik khusus mencuci tangan pakai sabun dalam 7 langkah


Pengertian cuci tangan 7 langkah adalah tata cara mencuci tangan menggunakan sabun untuk membersihkan jari – jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit.

Tahukah anda? Tanggal 15 oktober adalah hari cuci tangan sedunia pakai sabun yang dicanangkan oleh PBB sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit.

Manfaat melakukan 7 langkah mencuci tangan yaitu membersihkan dan membunuh kuman yang menempel secara cepat dan efektif karena semua bagian tangan akan dicuci menggunakan sabun.

Cara Cuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Baik dan Benar

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut
  2. langkah pertama membasahi tangan
  3. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  4. langkah kedua gosok punggung tangan
  5. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
  6. langkah ketiga bersihkan sela jari
  7. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  8. langkah keempat ujung jari tangan
  9. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  10. langkah kelima gosok ibu jari
  11. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
  12. langkah keenam telapak tangan
  13. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.
  14. langkah ketujuh bersihkan pakai air mengalir

Penggunaan sabun khusus cuci tangan baik berbentuk batang maupun cair sangat disarankan untuk kebersihan tangan yang maksimal.

7 langkah mencuci tangan di atas umumnya membutuhkan waktu 15 – 20 menit. Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke tubuh anda.

0 komentar:

Posting Komentar